• Selasa, 29 November 2022

Anda Merasa Gagal Sebagai Orang Tua? Ingatlah 10 Hal ini!

- Senin, 21 November 2022 | 13:14 WIB
Ingatlah 10 hal ini saat anda merasa gagal sebagai orang tua dengan berbagai masalah perilaku anak. (Pexels.com/Ketut Subiyanto)
Ingatlah 10 hal ini saat anda merasa gagal sebagai orang tua dengan berbagai masalah perilaku anak. (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Psikologi, BANGBARA.COM - Ada kalanya kita merasa gagal sebagai orang tua ketika menghadapi situasi perilaku anak yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Adanya perilaku anak yang buruk, prestasi anak yang tidak sesuai dengan harapan, dan sebagainya, dapat menjadi pemicu kita saat merasa gagal sebagai orang tua yang baik.

Meskipun merasa gagal sebagai orang tua itu kerap terjadi, tetapi kita bukanlah orang tua yang sia-sia. Mungkin perilaku anak tidak berjalan sesuai harapan, tapi jangan sampai kita melabeli diri kita sebagai panutan yang sudah kalah.

Menurut Dr. Magdalena Battles dalam situs Lifehack, ada 10 hal yang perlu diingat ketika kita mulai merasa gagal sebagai orang tua.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Mengungkap Apa yang Anda Cari dalam Hidup Melalui Pintu Masuk yang Paling Membuat Anda Takut

1. Selalu ada harapan dalam setiap situasi

Jangan terburu-buru merasa gagal, ingatlah bahwa perilaku anak kita sering kali merupakan bagian dari perkembangan normal. Suasana hati yang 'moody', kelelahan akibat aktivitas sekolah, dan fase pencarian jati diri.

Alih-alih merasa kecewa dan gagal, cobalah membuat suatu pendekatan emosional kepada anak kita.

Tawarkan bantuan, sediakan waktu untuk mendengarkan 'curhatan' mereka, dan berilah pelukan agar mereka tahu bahwa mereka dicintai dan tidak sendirian.

Halaman:

Editor: David GJ

Sumber: Lifehack

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X