• Selasa, 29 November 2022

Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Situs Gunung Padang Dikunjungi Sandiaga Uno

- Jumat, 23 September 2022 | 23:35 WIB
Situs Gunung Padang (disparbud.jabarprov.go.id)
Situs Gunung Padang (disparbud.jabarprov.go.id)

Pariwisata, BANGBARA.COM - Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat.

Situs Gunung Padang tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Situs Gunung Padang sendiri telah mendapatkan kunjungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) RI Sandiaga Uno, Kamis 22 September 2022.

Lokasi situs yang berbukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya yang memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi.

Baca Juga: Tasyi Athasyia Geram, Siap Laporkan Netizen yang Memfitnahnya!

Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam dan sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda yang berusaha membangun istana dalam semalam.

Situs Gunung Padang sendiri disebut-sebut sebagai situs tertua yang ada di dunia mengalahkan piramida yang ada di Mesir. Situs ini awalnya ditemukan pada tahun 1914 dan terus diteliti hingga saat ini.

Kompleks punden berundak yang berada di Gunung Padang terdiri atas lima teras yang tersusun dengan ukuran berbeda-beda. Teras pertama merupakan bangunan terluas, dengan jumlah batuan paling banyak.

Semakin ke atas jumlah batunya pun semakin berkurang. Batu-batu yang jumlahnya sangat banyak tersebut tersebar hampir menutupi seluruh puncak Gunung Padang.

Halaman:

Editor: David GJ

Sumber: Tim Bangbara, disparbud.jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Kampung Belanda di Garut, Simak Asal-usulnya

Senin, 7 November 2022 | 06:00 WIB

Mengupas Ekosistem Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia

Jumat, 16 September 2022 | 13:13 WIB

Curug Citambur, Jurassic Park Kabupaten Cianjur

Rabu, 14 September 2022 | 18:28 WIB
X