• Kamis, 1 Desember 2022

DPR RI Sahkan RUU PDP, Menkominfo: Wujud Kehadiran Negara Melindungi Data Pribadi

- Rabu, 21 September 2022 | 08:00 WIB
Disahkannya RUU PDP oleh DPR RI mendapatkan apresiasi dari Menkominfo. (kominfo.go.id)
Disahkannya RUU PDP oleh DPR RI mendapatkan apresiasi dari Menkominfo. (kominfo.go.id)

Nasional, BANGBARA.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengapresiasi langkah DPR RI atas disahkannya Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) menjadi undang-undang.

Menurut Menkominfo Johnny G Plate disahkannya RUU PDP menandai era baru dalam tata kelola data pribadi di Indonesia, khususnya terkait data di ranah digital.

“Disahkannya RUU PDP hari ini menandai era baru dalam tata kelola data pribadi di Indonesia, khususnya di ranah digital," ujar Menkominfo Johnny G Plate di Gedung DPR RI, pada 20 September 2022.

Menkominfo Johnny G Plate mewakili Presiden RI Joko Widodo menyebut RUU PDP menjadikan Indonesia sebagai negara kelima di ASEAN yang memiliki payung hukum perlindungan data diri secara komprehensif.

Baca Juga: Derby Madrid, Real Madrid Sukses Mengalahkan Atletico Madrid dan Raih Tiga Poin

Ia menegaskan keberadaan RUU PDP akan menjamin hak warga negara sesuai amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Pengesahan RUU PDP merupakan wujud nyata dari pengejawantahan amanat UUD, khususnya Pasal 28 G ayat (1),” tegasnya dikutip Bangbara lewat siaran pers kominfo.go.id, Rabu 20 September 2022.

Lebih jauh Menkominfo menyatakan, RUU PDP menjadi wujud kehadiran negara dan pemerintah dalam melindungi hak fundamental warga negara di ranah digital.

RUU PDP akan memperkuat peran dan kewenangan pemerintah dalam menegakkan dan mengawasi kepatuhan dan kewajiban seluruh pihak yang memproses data pribadi, baik publik maupun privat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: David GJ

Sumber: kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Sosok Chef di Balik Kemegahan Makan Malam KTT G20

Kamis, 17 November 2022 | 14:47 WIB
X