• Selasa, 29 November 2022

Mengenal Gendhis Semut, Gula Khas Purworejo yang Manisnya Mendunia

- Jumat, 23 September 2022 | 22:34 WIB
Gendhis semut atau gula semut produksi khas dari Purworejo. (Instagram @gendhissemut.pwr)
Gendhis semut atau gula semut produksi khas dari Purworejo. (Instagram @gendhissemut.pwr)

Kuliner, BANGBARA.COM – Wisata kuliner kali ini, mengenal gendhis semut atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan gula semut, dan gula khas ini berasal dari Kabupaten Purworejo.

Sejak tahun 2010 silam, gendhis atau gula semut mulai diproduksi warga di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sebagai alternatif pengganti gula pasir.

Ide pembuatan gendhis atau gula semut ini bermula dari para perajin gula di Purworejo yang bermaksud untuk meningkatkan nilai jual kelapa dan aren di daerah tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Cegah Radikalisme di Sekolah

Adapun asal usul penamaan gendhis berasal dari bahasa Jawa yang artinya gula atau melambangkan sesuatu yang manis. Sedangkan nama semut diambil karena gula mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah.

Pembuatan gula semut diambil dari nira pohon kelapa atau pohon aren. Dipilihnya kedua pohon ini karena tumbuhan termasuk jenis tumbuhan mudah untuk dibudidayakan.

Selain itu pohon dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi sehingga para perajin mudah mendapatkan bahan dasarnya.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Digugat Cerai Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Ternyata gula semut khas Purworejo yang satu ini kaya akan manfaat. Diantaranya mampu menambah semangat, mencegah anemia, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menjaga kolesterol tubuh.

Halaman:

Editor: David GJ

Sumber: purworejokab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X