• Selasa, 29 November 2022

Diskominfo Pemprov Jateng Sambut Positif Penggunaan Aplikasi E-Monev di Tahun 2022

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 23:26 WIB
Diskominfo Pemprov Jateng menyambut baik aplikasi E-Monev. (jatengprov.go.id)
Diskominfo Pemprov Jateng menyambut baik aplikasi E-Monev. (jatengprov.go.id)

Semarang, BANGBARA.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Riena Retnaningrum Pemprov Jateng sambut positif penggunaan aplikasi E-Monev di Tahun 2022.

Aplikasi E-Monev merupakan inovasi baru yang akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi, oleh karena itu pihak Diskominfo Pemprov Jateng menyambut positif kehadirannya.

Sambut positif penggunaan aplikasi E-Monev Pemprov Jateng mendukung kehadirannya, melalui sosialisasi yang dilakukan oleh Diskominfo pada Selasa, 30 Agustus 2021.

Dikutip Bangbara dari jatengprov.go.id, Riena mengatakan perlu adanya evaluasi E-Monev untuk syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Tes Fokus: Temukan Perbedaan dalam Gambar Beruang yang Sedang Bersepeda di Taman Bunga

“Untuk evaluasi nanti, ada Electronic Monitoring dan Evaluasi(E-Monev), dengan indikator syarat dan ketentuan berlaku,” kata Riena.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan pada saat memberikan penilaian bukan hanya pada website, tetapi pada objeknya juga.

“Jadi, memang ada, ketika memberikan penilaian bukan pada website-nya saja seperti arahan Bapak Gubernur (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo), tapi dilihat juga pada objeknya,” jelas Riena.

Riena juga memberikan harapan dengan adanya evaluasi terhadap E-Monev ini, juga dapat menjadi penilaian melalui media sosial.

Baca Juga: Apple iPhone 14 Vs iPhone 13: Apakah Layak Upgrade di Tahun 2022?

“Harapannya lewat media-media sosial yang ada, juga jadi penilaian dari komisioner,” ucap Riena.

Riena menuturkan pada Monev Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022, aplikasi E-Monev yang akan digunakan oleh Pemprov Jateng adalah milik KI Pusat.

Pemprov Jateng akan melakukan uji coba penerapan dalam penggunaan aplikasi E-Monev di tujuh pemerintah provinsi.

Ketujuh Pemprov tersebut diantaranya Pemprov Jateng, Kalimantan Timur, Bengkulu, Aceh, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

Baca Juga: Hadir dengan Baju Tahanan Bareskrim Polri, Ferdy Sambo Jalani Rekonstruksi Pembunuhan Berencana Brigadir J

Dikabarkan bahwa instrumen pada aplikasi E-Monev dapat disesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

Komisi Informasi Pusat RI dalam penyusunan indeks keterbukaan informasi publik telah melakukan integrasi pada aplikasi E-Monev.

Dalam sosialisasi Komisioner KI Pusat Handoko Agung Saputro menyampaikan, Jateng merupakan sampel yang dijadikan uji coba percontohan karena dinilai kondusif.

“Saat ini, Jateng dijadikan sampel, dijadikan uji coba. Jateng dinilai baik dan kondusif, untuk itu bagus dijadikan percontohan,” ungkap Handoko.

Baca Juga: Berikut Ini Daftar Lengkap Hari Besar Nasional Bulan September 2022, Cek di Sini

Handoko menambahkan dalam pelaksanaannya sebagai penilaian dan perbaikan, E-Monev melalui keterbukaan informasi publik di setiap badan publik merupakan hal penting yang harus dilakukan.

E-Monev menjalankan peran sebagai fungsi pengimplementasian keterbukaan informasi publik sebagai bentuk penilaian dan perbaikan.

Metode penilaian E-Monev menurut Handoko ada dua dalam keterbukaan informasi pada 2022, yaitu penilaian kuesioner E-Monev dengan bobot 85% dan presentasi uji publik dengan bobot 15%.

“Untuk penilaian kuesioner E-Monev, aspeknya adalah sarana prasarana, kualitas informasi, jenis informasi, komitmen organisasi, digitalisasi dan informasi pengadaan barang dan jasa,” ungkap Handoko.

Baca Juga: Tes Fokus: Menemukan Perbedaan dalam Gambar Kakek yang Merawat Nenek

Ia juga menambahkan sedangkan untuk presentasi uji publik, aspek penilaiannya antara lain inovasi dan strategi.

Itulah sambutan positif yang dilakukan oleh Diskominfo Pemprov Jateng melalui penggunaan aplikasi E-Monev.***

Editor: David GJ

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X